ILMU SOSIAL DASAR & ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (PENGERTIAN,TUJUAN,PERSAMAAN & PERBEDAAN)
Hai kawan kawan... Selamat datang di blog pertama saya.
Di blog saya yang pertama ini saya akan memberikan Informasi nih ama kawan kawan tentang "Ilmu Sosial Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial" udah pada penasarankan..? kalau begitu langsung saja disimak dengan baik ya..!
1. Pengertian ISD & IPS
ISD( Ilmu Sosial dasar) adalah pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian – pengertian ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial.Pengertian ISD( Ilmu Sosial Dasar ) menurut para ahli :
- PAUL ERNEST
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama
- LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya
- ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. di Indonesia pelajaran ilmu pengetauan sosial disesuaikan dengan berbagai prespektif sosial yang berkembang di masyarakat.
Pengertian IPS( Ilmu Pengetahuan Sosial ) menurut para ahli:
- MULYONO TJ
- SOMANTRI
2. Tujuan ISD & IPS
- Ilmu Sosial Dasarmerupakan suatu bahan studi yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diajarkan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk meneliti gejala-gejala sosial agar nalar mahasiswa dalam kepekaan masyarakat sosial berkembang.
- Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah social yang ada dalam masyarakat.
- Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
- Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
- Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
- Tujuan Utama Social Studiesadalah membantu generasi muda mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keputusan yang rasional sebagai warga masyarakat yang beraneka budaya, masyarakat demokratis dalam dunia yang saling berketergantungan (NCSS, 2008:2) National Council of the social studies)). Sedangkan menurut KTSP tahun 2006 tujuan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
- Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
- Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,inkuiri,memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
- Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk dan ditingkat lokal, nasional dan global.
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
- IPA Murni ( Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi)
- Pengetahuan IPS( Sosiologi, Politik, Ekonomi, Sejarah, Psikologi )
- Kemasyarakatan ( Bahasa, Agama, Kesenian, Sastra )
3. Perbedaan ISD & IPS
- Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
- Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.
4. Persamaan ISD & IPS
- Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
- Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial danmasalah sosial.
5. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar.
Materi Ilmu sosial Dasar atas masalah-masalah sosial.Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasikan kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu masalah-masalh sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan berikut jelasnya:
- Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
- Masalah individu,keluarga dan masyarakat.
- Masalah pemuda dan sosialisasi.
- Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
- Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
- Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
- Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integritas.
- Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat
6. 3 Golongan Bahan Pembelajaran ISD
- Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat.Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.
- Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
- Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Source:
https://putrasinambela.wordpress.com/2013/10/01/pengertian-tujuan-isd-ruamg-lingkup-isd-persamaan-isd-dan-ips/
https://vanartik.wordpress.com/2015/10/28/ilmu-sosial-dasar-ilmu-pengetahuan-sosial/
http://arifqurniawan.blogspot.com/2014/10/pengertian-isd-menurut-para-ahli-serta.html
Komentar
Posting Komentar